Realita Di Balik Kepakan Sang Garuda


sumber: id.wikipedia.7val.com

Satu Juni 1945. Sebuah hari yang menjadi sejarah bangsa Indonesia dimana Bung Karno, presiden pertama RI, melantangkan suara PANCASILA yang merupakan hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia.
Dan kini, 1 Juni 2011 Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memperingati hari lahirnya Pancasila yang bertempat di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta. Pada peringatan hari lahirnya Pancasila kali ini selain sambutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sambutan dua mantan presiden RI, yaitu B.J. Habibie dan Megawati Soekarnoputri juga turut mewarnai hari lahirnya Pancasila di Gedung Nusantara IV DPR/MPR.

Namun di balik keagungan pidato ketiga sosok bersejarah tersebut, perlu disadari bahwa dilema dalam realita sunggu terlalu banyak untuk dijadikan penghias krisis demi krisis bangsa Indonesia. Sebuah realita dibalik kokohnya Lima sendi utama penyusun Pancasila. Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sebagaimana tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945 seharusnya tidak hanya diingat namun harus lekat dalam jati diri bangsa Indonesia kini dan nanti.

Fakta kondisi bangsa Indonesia kini khususnya di kalangan generasi muda yang mulai kehilangan jati dirinya menjadi bercak hitam yang menodai citra bangsa. Kurangnya nilai-nilai budi pekerti dan akhlak mulia yang tertanam pada diri generasi muda Indonesia perlu lebih diperhatikan. Kini Indonesia tampaknya memiliki tantangan besar untuk mengembalikan jati diri Anak-anak Nusantara karena PANCASILA yang sarat akan pendidikan moral dan cerminan dari pribadi bangsa adalah pondasi yang akan menerbangkan Indonesia menuju gerbang emasnya.

Categories: Education | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: