Ikuti Jejak Hendry Dunant, Delegasi PMI NapakTilas di Italia


Image

Fiaccolata merupakan sebuah kegiatan tahunan untuk menyambut hari berdirinya Palang Merah se-Dunia di mana relawan-relawan dari berbagai perhimpunan internasional bertemu dan melakukan napaktilas di Solferino, Italia. Dalam hal ini Palang Merah Italia turut mengundang Palang Merah Indonesia untuk hardir memeriahkan kegiatan tersebut. Mereka yang beruntung karena terpilih untuk terbang ke ‘Negeri Pizza’, Italia adalah Gusti Ngurah Arya Bayu Permadi (PMI Provinsi Bali) dan Wulan Cahya Ningsih (PMI Provinsi Kalimantan Barat)

Setelah mengudara selama berjam-jam, delegasi PMI akhirnya tiba di Roma, Italia pada tanggal 18 Juni 2013. Kedatangan delegasi PMI disambut oleh beberapa relawan dari Palang Merah Italia. Dalam pertemuan tersebut delegasi PMI di berikan penjelasan tentang rencana kegiatan selama 11 hari ke depan.

Tidak hanya sekedar mengikuti perayaan Fiaccolata (napaktilas sepanjang 10 km) yang diikuti kedua relawan tersebut, mereka juga mendapat kesempatan untuk berkunjung kemarkas Palang Merah di beberapa daerah di Italia. Dalam kunjungan tersebut delegasi PMI mendapat sosialisasi dan pengenalan terkait pengelolaan Palang Merah di Italia, sharing dan diskusi hingga mengikuti beberapa kegiatan mulai dari simulasi hinggaYouth Camp atau kemah remaja Palang Merah Italia.  

Delegasi PMI juga melakukan kegiatan tambahan yang menjadi salah satu tugas mereka dalam kunjungan ini. Delegasi PMI Provinsi Kalimantan Barat memberikan laporan terkait perkembangan program “PMR Menuju Sekolah Sehat” yang didukung Palang Merah Italia. Di sisi lain, delegasi PMI Provinsi Bali melakukan diskusi dengan PalangMerah Italia terkait kerjasama program peningkatan kapasitas Water Rescue di PMI Provinsi Bali.  

Serangkaian dengan peringatan Berdirinya Palang Merah se-Dunia ke-153, berbagai kegiatan meliputi sosialisasi hingga pelatihan-pelatihan singkat dilaksanakan di Solferino, Italia. Delegasi Palang Merah Indonesia pun mendapat sosialisasi terkait managemen komunikasi dan publikasi Palang Merah Italia. Selain itu, mereka juga mendapat sosialisasi lain terkait kegiatan Palang Merah Remaja di Italia, pelayanan masyarakat, hingga sosialisasi singkat tentang kegiatan Palang Merah di medan perang.  Acara puncak peringatan Berdirinya Palang Merah se-Dunia ke-153 dilaksanakan di Solferino, Italia pada tanggal 22 Juni 2013. Kegiatan tersebut mempertemukan relawan dari berbagai perhimpunan internasional seperti perhimpunan dari Negara Jerman, Italia, Portugal, Syria, Swedia, Republik Demokrasi Korea (Korea Utara), dan perhimpunan lainnya termasuk Indonesia. “Saya sangat senang bisa bertemu dengan relawan dari belahan dunia lain dan bisabertukar pikiran dan menjalin hubungan dengan mereka.” Ungkap relawan PMI Provinsi Bali yang akrab disapa Arya Bayu.  

Seperti arti dari kata fiaccolata, kegiatan yang dilakukan adalah napaktilas di malam hari sepanjang 10km dari Solferino ke Castiglione, Italia. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang jasa Hendry Dunant dan relawan lainnya yang berjuang untuk membawa korban perang Solferino ke Castiglione untuk diberikan pertolongan dan perawatan. Ajang temu relawan pun berlangsung meriah. Seluruh relawan dari berbagai belahan dunia berbaur, bertukar pikiran, bertukar kenang-kenangan dan menjalin hubungan sebagai sesama relawanPalangMerah.

 

Sumber: http://www.pmibali.or.id/2013/07/ikuti-jejak-hendry-dunant-delegasi-pmi-napaktilas-di-italia/#more-1694

Categories: Culture | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: