MEKEPUNG-Jembrana’s Bull Race


google.com

Selama ini Madura terkenal dengan karapan sapi-nya. Teman-teman tahu nggak, bahwa di balipun ada event semacam itu, yang disebut MEKEPUNG.

Mungkin sama dengan karapan sapi Madura, MEKEPUNG ini di awali dengan kegiatan para petani SUBAK ( kelompok kerja petani yang mengolah lahan mereka secara gotong royong). Untuk meningkatkan semangat kerja, para petani ini berlomba menyelesaikan alur bajakannya dari satu sisi ke sisi lain di sawah itu dengan memacu kerbau yang menarik bajak. Hasil yang didapat ternyata luar biasa. Pekerjaan lebih cepat selesai dan kelelahan tidak terasa karena tertutup oleh semangat dan kegembiraan.

Bedanya, kalau di Madura yang ‘berlomba’ adalah sapi, maka di Bali yang digunakan kerbau. Kedua, pada karapan sapi Madura sang joki akan berdiri diatas alat pembajak yang di tarik oleh sepasang sapi, sementara  MEKEPUNG di Bali (yang saat ini sudah mengalami perkembangan) joki berdiri di atas kereta kecil. Dewasa ini MEKEPUNG sudah tidak lagi hanya merupakan penyemangat kerja petani, melainkan sudah mengarah pada event kabupaten, dilombakan secara resmi dengan piala kejuaraan. Mekepung juga tidak lagi dilaksanakandi lahan sawah ( karena tidak lagi menggunakan bajak), tetapi di arena tertentu ( atau lebih kerennya ‘sirkuit’)

Pada pertandingan yang biasanya dihadiri ribuan penonton ini, para kerbau yang akan berlaga dilengkapi dengan pernik-pernik dan asesori untuk ‘mempercantik’ sang  ‘atlit’ dan menghias keretanya. Sementara si-joki lebih sering tampil dengan pakaian adat biasa saja, tidak seheboh si kerbau. ( khan emang yang berlomba si kerbau!). Cuman pada saat perlombaan para joki sering menggunakan tongkat yang ujungnya ditancapi paku untuk memukul, memacu supaya si kerbau berlari lebih kencang. Hasilnya, begitu sampai di garis finish, pantat si kerbau babak belur bermandi darah. Kasihan sekali. Tetapi setelah itu mereka akan dimandikan, dibersihkan dan diobati lukanya, plus tambahan jasa layanan berupa pijat dan jamu telor madu termasuk vitamin. ( enak juga kalau sampai di bagian ini)

MEKEPUNG merupakan ajang lomba yang bergengsi bagi para penggemarnya. Si- kerbau “sang juara” mekepung biasanya akan naik peringkat dan berharga 3-4 kali lipat dari harga kerbau biasa. Itu sebabnya para penggemar dan pelaku MEKEPUNG selalu memelihara dan merawat kerbaunya dengan penuh perhatian. Karena dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik, dapat dipastikan, sang kerbau akan menjadi Jawara di arena mekepung. Si Kerbau ternama dan pemilik pun ‘nebeng’ terkenal. [ksw]

Madura is famous of ‘Karapan Sapi’ – the traditional bull race. Do you know that Bali also has a similar event called MEKEPUNG?

As Madura’s bull race, MEKEPUNG was started by an activity of the farmers of SUBAK (a group of Balinese traditional farmers who work together to cultivate their land). Raising their spirit in working, the farmers are racing their buffaloes to pull the plough on their paddy field. It made a great result. They could finish the job faster, and lost of their tiredness because of the high spirit and joy.

The difference is Madura uses a couple of cows in racing but Bali uses buffaloes – since Balinese doesn’t use cows to cultivate the land. Further more, the coach in Madura’s bull race stands on a plough but  a small chariot is used in Bali. Nowadays MEKEPUNG is not only a fun game  done for raising the farmers’ spirit, but has become the regency event, being held officially with an award. MEKEPUNG isn’t held in paddy field (since it doesn’t use a plough any more) but in a circuit.

On the racing the buffaloes will be dressed up with some accessories to ‘make them up’ and decorate the chariot. However the coach just wear a simple traditional costume, not as glamorous as the buffaloes ( in fact, the buffaloes are the real racers, aren’t they?) But during  the racing the coach will use a nailed stick to hit the buffaloes to increase their speed. So, on the finish the buffaloes will be hurt and bleeding. It is so pity. But after that, they will be cleaned up, the wound will be cured plus additional service that is massage and traditional herb of some eggs and honey plus vitamin (it’s not bad so far)

MEKEPUNG ia a prestigious racing for the fans. The champion (the buffaloes of course) will get  the higher rank and cost 3 or 4 times higher. That’s why the owners always take care of the buffaloes well. Because being cared well, the buffaloes will become the champion of MEKEPUNG race. The buffaloes will be well-known, and of course, the owner get to be famous as well.[ksw]

Leave a comment

Leave a comment